Karakteristik User yang Gaptek

Pada zaman digital seperti sekarang ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat. Banyak sekali teknologi yang memudahkan manusia, seperti mesin cuci, lemari es untuk menyimpan bahan makanan, TV, radio, HP, computer dan masih banyak lagi. Dengan adanya ini, manusia di dunia dituntut untuk bisa mengikuti atau menggunakan teknologi tersebut. Jika kita tidak bisa mengikuti teknologi tersebut maka kita akan disebut gaptek.
Ada banyak teknologi yang
berkembang pesat saat ini, seperti Handphone. Handphone sekarang sudah banyak fitur yang dimiliki, seperti bisa digunakan untuk MP3, MP4, memutar video, Video call, chatting dan lain-lain.Teknologi yang tidak kalah dengan handphone adalah teknologi internet. Dengan internet kita bisa melakukan banyak hal yang luar biasa seperti berkirim surat lewat E-Mail, membaca berita dunia yang terbaru, berkenalan dengan teman lama, dan banyak lagi. Penggunaan Sosial Media seperti Facebook, Twitter sekarang sudah banyak yang menggunakan karena fitur yang ditawarkan sungguh menakjubkan. Dengan sosial media kita bisa berkenalan dengan orang di luar negeri, bertemu dengan teman lama yang sudah lama tidak bertemu, bertukar informasi dengan cepat, chatting atau ngobrol via sosial media.
Penggunaan internet sekarang juga didukung dengan layanan internet yang lumayan murah dibandingkan dengan tahun 90-an. Para provider internet membuat promosi besar-besaran untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan internet. Disamping itu, para Operator GSM dan CDMA juga membuat gebrakan untuk ini, mereka memberikan layanan internet dengan membeli paket pulsa yang ditentukan. Dengan modal kartu HP, modem dan komputer kita sudah bisa mengakses internet tanpa batas.
Itulah fenomena yang terjadi sekarang, manusia sungguh sangat dimudahkan dengan adanya teknologi informasi. Kita bisa kirim surat lewat E-Mail, membaca berita dengan membuka internet, berbicara dengan teman menggunakan HP, mendengarkan radio lewat HP. Dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, kita harus bisa mengikuti update teknologi. Jika kita tidak bisa atau tidak mampu mengikutinya maka kita akan ketinggalan informasi, dan kita akan menjadi orang yang gaptek, orang yang tidak tahu tentang teknologi informasi.
Di Indonesia sekarang ini, masih banyak orang yang gaptek alias tidak tahu tentang teknologi. Fenomena ini sangat banyak terjadi pada kalangan orang yang sudah tua. Mereka dulu hidup tanpa ada teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini. Kebanyakan orang yang sudah tua masih menggunakan teknologi yang tradisional, seperti mencuci pakaian dengan proses manual, kirim surat lewat pos dan lain-lain. Para orang yang sudah tua ini adalah orang yang gaptek sekali dengan teknologi saat ini. Para petinggi perusahaan atau pimpinan juga hampir semua gaptek, mereka sudah tua, dan tidak mau belajar teknologi karena mereka sudah memiliki uang yang banyak, dan juga raga mereka sudah kurang mendukung seperti mata yang sudah mulai rabun.Ini adalah salah satu lahan bagi para programmer untuk membuat suatu sistem informasi yang disebut Sistem Informasi Eksekutif.
Fenomena yang lain terjadi pada anak-anak dan remaja. Sebenarnya mereka mengikuti semua perkembangan teknologi informasi sekarang, tapi mereka belum bisa mengoptimalkan teknologi informasi. Misalnya dalam penggunaan teknologi internet, para remaja rata-rata menggunakan media internet hanya untuk social media seperti Facebook, Twitter, Foursquare. Sebenarnya kalau kita mampu menggali lebih dalam, kita bisa melakukan hal selain itu contohnya kita bisa berjualan barang lewat internet, dengan menampilkan foto barang dan keterangan kita sudah punya sebuah toko yang ada di internet. Contoh yang lain adalah penggunaan Handphone. Handphone pada sekarang ini sangat banyak fiturnya tapi para remaja hanya menggunakannya untuk Facebook-an, Twitter-an dan lain-lain.
Sudah saatnya kita belajar menggunakan semua teknologi informasi yang ada sekarang ini dengan tepat, dan optimal.

0 Response to Karakteristik User yang Gaptek

Posting Komentar

Silahkan Comment ya untuk kebaikan blog ini...Kritik,saran kami terima dengan senang hati...