Konfigurasi Squid di Linux Ubuntu

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan yaitu cara Install Squid di Linux Ubuntu. Nah, sekarang saya akan memberikan cara konfigurasi Squid di Ubuntu. Langsung saja simak di bawah ini
  1. Saya asumsikan Anda sudah menginstall Squid dengan benar. Buka TERMINAL kemudian ketikkan perintah sudo gedit /etc/squid/squid.conf. Jangan lupa simpan file tersebut di direktori lain untuk backup jika file squid.conf sudah berubah.
  2. Kemudian cari text yang bertuliskan http_port 3128. Untuk lebih mudah, gunakan Ctrl+F.
  3. Ubah tulisan menjadi seperti ini, http_port 127.0.0.1:3128. 127.0.0.1 adalah alamat IP proxy anda, dan 3128 adalah port anda. Anda bisa mengubah port menjadi 8080, 8082, dan lain-lain.
  4. Simpan file squid.conf tersebut, kemudian jalankan squid anda dengan perintah sudo /etc/init.d/squid start. Untuk menghentikan sudo /etc/init.d/squid stop. Dan untuk restart sudo /etc/init.d/squid restart.
  5. Proses konfigurasi proxy server sudah selesai.
  6. Buka browser anda, masuk ke pengaturan Network. Dalam tutorial ini saya menggunakan browser Firefox.
    Masukkan seperti gambar diatas, Kemudian OK
  7. Anda sudah bisa menggunakan Squid, namun ini belum cukup aman dikarenakan tidak ada otentikasi username dan password ketika pertama kali membuka browser. Untuk konfigurasi username dan password Anda bisa membaca Setting Username dan Password Squid di Linux Ubuntu

0 Response to Konfigurasi Squid di Linux Ubuntu

Posting Komentar

Silahkan Comment ya untuk kebaikan blog ini...Kritik,saran kami terima dengan senang hati...