UPN Jadi PTN...???

UPN “Veteran” Jawa Timur tinggal menunggu keputusan dari Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengenai perubahan status UPN dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Draft usulan keputusan bersama telah dikirim ke Kemendiknas oleh Kementrian Pertahanan (Kemhan) pertengahan Februari lalu. Jika telah disepakati, Menteri Pertahanan dan Menteri Pendidikan Nasional akan bertemu untuk penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) mengenai perubahan status tersebut.

“Kalau dari Internal Kemhan, sudah tidak ada masalah. Sekarang tinggal menunggu persetujuan dari Kemendiknas. Secara formal harus dijawab oleh Depdiknas. Namun secara lisan, Insya Allah Kemendiknas sudah mersetui,” ujar Teguh Soedarto (Rektor UPN “Veteran” Jatim). Teguh tidak bisa memastikan kapan pemberitahuan penandatanganan SKB dari Kemendiknas karena rapat konsolidasi antar departemen membutuhkan waktu yang cukup lama.
Tim Penilai dari Kemendiknas akan datang untuk menilai kelayakan UPN menjadi PTN. Beberapa hal yang akan menjadi penilaian adalah perkembangan IPK kelulusan, sistem administrasi dan registrasi kampus, kurikulum pendidikan serta kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Sebagai persiapan, UPN berupaya memperbaiki pelayanan, diantaranya penataan laboratorium dan kelas, peningkatan kualitas dosen dan berbagai persiapan lainnya.
Tidak hanya UPN “Veteran” Jawa Timur, UPN “Veteran” Jakarta dan UPN “Veteran” Jogja juga sedang mempersiapkan untuk menjadi PTN. UPN akan menganut sistem yang diterapkan IAIN. Saat ini, IAIN berada di bawah naungan Departemen Agama dan Depdiknas. Nantinya, UPN akan berada di bawah naungan Dephan dan Depdiknas. Jika status UPN sudah berubah menjadi PTN, Teguh menyatakan bahwa mahasiswa lama juga akan mengikuti sistem baru yang diberlakukan.
Sumber : www.pers-upn.com
Saya berharap dengan akan berubahnya status UPN menjadi Negeri, Pihak UPN akan membenahi seluruh sektor yang ada di kampu dan semoga Kampus UPN menjadi tambah maju dan mampu bersaing di Tingkat Nasional maupun Internasional…Amien…

0 Response to UPN Jadi PTN...???

Posting Komentar

Silahkan Comment ya untuk kebaikan blog ini...Kritik,saran kami terima dengan senang hati...