Pengabdian Masyarakat, UPN “Veteran” Jawa Timur Jagonya


UPN Veteran

Pengabdian Masyarakat, UPNVeteranJawa Timur Jagonya. UPN “Veteran” Jawa Timur adalah salah satu
perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di Jawa Timur yang tepatnya ada di Kota Surabaya sebelah tenggara. UPN mempnuyai 6 fakultas, 17 program studi dan 3 program studi pasca sarjana. Setiap hari hari Senin sampai Jum’at kampus UPN “Veteran” jatim menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang tentunya sesuai dengan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Tri Dharma Perguruan Tinggi mencakup 3 hal yaitu :
  1. Pendidikan dan Pengajaran
  2. Penelitian dan Pengembangan
  3. Pengabdian pada Masyarakat
Dalam 3 hal ini, UPN “Veteran” Jatim telah melakukan semua kegiatan diatas. Salah satu kegiatan yang paling menonjol adalah Pengabdian kepada Masyarakat. UPN bisa terkenal sampai saat ini salah satunya berkat kesuksesannya dalam mengabdi kepada masyarakat antara lain lewat KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang didalamnya ada penerapan (TTG) Teknologi Tepat Guna dari mahasiswa. UPN sudah melaksanakan KKN di beberapa kota di Jawa Timur antara lain Probolinggo, Jombang, Sidoarjo dan yang akan datang akan diadakan di Ngawi. Produk TTG yang sudah dibuat dan diimplementasikan adalah antara lain alat pengolahan kopi, kelapa, mlinjo,  alat pemecah kemiri, biogas, biodiesel, alat pengolahan sampah, dan masih banyak lagi. Dalam meningkatkan kreatifitas dan inovasi produk TTG, diadakan juga lomba TTG sewaktu kegiatan KKN.
Lomba Teknologi Tepat Guna
Lomba Teknologi Tepat Guna
Kegiatan KKN diatas di naungi oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) yang sekarang di pimpin oleh Prof. Dr. Ir. H. Akhmad Fauzi, MMT. Pengabdian kepada masyarakat tidak hanya diselenggarakan dalam KKN dan Teknologi Tepat Guna, tapi juga diselenggarakan lewat kegiatan-kegiatan mahasiswa yang lain seperti Internet Keluarga, TIK road to SMA/SMK, TIK masuk Pesantren dan masih banyak lagi.
UPN “Veteran” Jatim sangat mendukung dengan majunya TTG yang dibuat oleh dosen dan mahasiswa dengan membangun sebuah gedung yang di beri nama UPN TECHNO PARK.
Gedung UPN TECHNO PARK
Gedung UPN TECHNO PARK
Ruangan tersebut berisi karya-karya TTG dosen dan mahasiswa yang dulunya sudah pernah diimplementasikan di banyak Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Timur. UPN “Veteran” Jatim tidak hanya mengimplementasikan produk TTG nya di Jawa Timur saja, tetapi seluruh Indonesia.
Kegiatan LITABMAS
Klik untuk memperbesar
Gambar di atas adalah kegiatan penelitian dan pengabdian LPPM UPN “Veteran” Jatim dari tahun 2008 – 2011. Ini menunjukkan bahwa kampus UPN adalah kampus yang jago dalam urusan pengabdian masyarakat. Sudah barang tentu untuk mencapai kesuksesan itu dibutuhkan kerja keras yang tinggi dari semua elemen kampus.
Saya sebagai mahasiswa UPN “Veteran” Jatim sungguh bangga sekali dengan ini, dan saya juga berharap semoga semakin lama pengabdian masyarakat akan bisa menjangkau semua kabupaten/ kota yang ada di Indonesia.
Itulah tadi sekilas tentang pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh kampus UPN “Veteran” Jatim. Semoga bermanfaat

0 Response to Pengabdian Masyarakat, UPN “Veteran” Jawa Timur Jagonya

Posting Komentar

Silahkan Comment ya untuk kebaikan blog ini...Kritik,saran kami terima dengan senang hati...