Hari Raya Idul Adha/Qurban, Hari Valentine umat Islam

Alhamdulillah, Insya Allah besok lusa hari Jum’at 26 Oktober 2012 kita semua umat Islam akan memperingati hari raya Idul Adha atau Idul Qurban. Pada hari raya ini semua umat Islam melaksanakan sholat Idul Adha pada pagi hari dan kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan qurban, seperti domba, sapi, kerbau, onta dan lain-lain. pada tanggal 10 Dhulhijjah ketika itu Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anak beliau sendiri yang bernama Ismail, Nabi pun bersedia mengorbankan anaknya. Karena ketulusan dan keikhlasan Nabi Ibrahim maka ketika Ismail disembelih, Allah SWT menggantinya menjadi seekor domba.
Selain menyembelih hewan Qurban, Pada tanggal 10 Dhulhijjah umat Islam juga melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah Haji dan juga 2 hari sebelum hari raya Idul Adha puasa Tarwiyah dan Arofah. Hikmah atau manfaat dari Hari Raya Idul Adha antara lain sebagai berikut :
  1. Kebaikan dalam setiap helai bulu hewan Qurban
    Jika kita melakukan qurban, maka setiap helai dari bulu hewan tersebut adalah 1 kebaikan. Dapat kita bayangkan berapa banyak bulu yang ada mungkin tidak bisa dihitung, sudah barang tentu kita pasti mendapat banyak sekali kebaikan.
  2. Bukti nyata untuk bersyukur
    Rejeki yang ketika peroleh setiap hari datangnya dari Allah SWT, sebagai ucapan syukur kita mengeluarkan sebagian rejeki kita untuk berqurban.
  3. Mendapat ampunan dosa
    ”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa-dosa yang kamu lakukan… (HR. Abu Daud & At-Tirmizi)”
  4. Saling berbagi kepada sesama
    Daging hasil qurban yang sudah disembelih dan di bersihkan akan dibagikan merata kepada semua orang yang ada di suatu wilayah.
  5. Makan daging Qurban bersama-sama
    Bagi orang yang kurang mampu , hari raya ini menjadi sangat spesial karena mereka akan bisa merasakan nikmatnya daging hewan qurban yang sebelumnya tidak pernah merasakan, hanya merasakan seminggu sekali, sebulan sekali, setahun sekali bahkan belum merasakan sama sekali. Dan bagi kita yang mampu, kita wajib selalu bersyukur karena kita setiap hari bisa dan mampu membeli dan merasakan daging.
  6. Mengenang ujian kecintaan kepada Allah SWT dari Nabi Ibrahim
    Nabi Ibrahim diuji ketaqwaan dan cintanya oleh Allah SWT ketika beliau bermimpi bahwa beliau didalam mimpinya menyembelih anaknya sendiri yaitu Ismail. Setelah itu beliau bertanya kepada Ismail dan meminta pendapat atas mimpinya tersebut, kemudian Ismail menjawab “Bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Akhirnya Nabi Ibrahim pun menuruti apa yang beliau impikan sewaktu tidur. Akhirnya dengan keikhlasan hati dan kecintaannya kepada Allah SWT, beliau menyembelih anaknya Ismail. Karena nabi Ibrahim sungguh benar-benar cinta kepada Allah SWT, maka Allah mengganti Ismail dengan seekor domba dan kemudian jadilah 10 Dhulhijjah adalah hari Raya Idul Adha/Qurban.
Dari manfaat diatas bisa kita simpulkan jika kita mempunyai rejeki yang banyak dan berlebih hendaknya kita mengeluarkan sebagian rejeki kita untuk melaksanakan Qurban, dan manfaatnya pun sudah begitu jelas bermanfaat bagi kita di dunia maupun d akhirat nanti.
Pada 10 Dhulhijjah kita semua umat Islam ber”pesta” daging qurban bersama-sama diwaktu yang sama dan di seluruh dunia. Sungguh hari yang sangat spesial bagi kita semua. Saya pun bisa menyebut hari raya Idul Adha ini adalah hari Valentine umat Islam.

2 Responses to Hari Raya Idul Adha/Qurban, Hari Valentine umat Islam

  1. manteeeeep..akhirnya di urus juga nich blog...

    BalasHapus
  2. @mrofiuddin : alhamdulillah mas,... :D

    BalasHapus

Silahkan Comment ya untuk kebaikan blog ini...Kritik,saran kami terima dengan senang hati...